Thursday, February 4, 2021

Viral: Herbal JSH Diklaim Orang Dapat Sembuhkan COVID-19, Ini Penjelasan Dari Sido Muncul

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), perusahaan farmasi dan herbal terkemuka di Indonesia, memberikan penjelasan terkait obat herbalnya yang diklaim masyarakat dapat menyembuhkan virus corona (COVID-19). Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan obat herbal bernama JSH ini tidak diperuntukkan untuk menyembuhkan COVID-19.

"Ini bukan obat COVID-19. Ada yang membuat viral orang yang mengkonsumsi ini," kata Irwan di kantor Sido Muncul, Jakarta, Sabtu (27/6).

1. Awal mula berita viral bahwa Herbal JSH bisa sembuhkan COVID-19

Irwan menceritakan tiga bulan lalu, ada temannya yang positif COVID-19 dan kemudian minum Kapsul JSH lalu sembuh. Berita tersebut menyebar, sehingga banyak yang membeli Herbal JSH. Banyak orang yang mengaku sembuh setelah mencoba meminum Kapsul JSH ini.

Karena berita-berita tersebut, Sido Muncul lalu memberikan obat herbal ini ke Pemerintah Kota Semarang untuk pasien yang dikarantina di Wisma Walikota. Dari 45 pasien yang positif COVID-19, 40 orang dinyatakan sembuh.

"Pengalaman dan testimoni dari penderita COVID-19 yang sembuh, tidak bisa kami abaikan begitu saja. Pengalaman mereka yang sembuh dari COVID-19 setelah minum Kapsul JSH, banyaknya orang yang terinfeksi dan belum adanya obat untuk COVID-19 yang mendorong kami untuk membagi-bagikan Kapsul JSH kepada beberapa rumah sakit," kata Irwan.

2. Diteliti sejak 4 tahun lalu

Sido Muncul mulai mengembangkan produk-produk herbal food supplement sejak empat tahun lalu. Kapsul JSH adalah salah satu produknya. 

"Salah satu idenya adalah mengembangkan produk untuk detox atau menghilangkan racun dalam tubuh. Idenya adalah produk yang mengandung  alkali, PH-nya tinggi. Karena produk alkali dengan PH tinggi sangat baik untuk kesehatan," ujar Irwan.

Makanan yang mengandung alkali dianjurkan untuk usia lanjut, penderita kanker, atau mereka sering terganggu kesehatannya.

"Ide ini datang dari Komisaris Utama Sido Muncul, Jonatha Sofjan Hidayat. Bahkan yang menemukan bahan untuk Kapsul JSH ini juga Pak Sofjan Hidayat. Oleh karena itu kami daftarkan obat herbal ini ke BPOM dengan nama Kapsul JSH," tutur Irwan. “Kami akan terus melakukan penelitian Kapsul JSH dengan lembaga-lembaga penelitian," ucap Irwan.

3. Sudah dipasarkan dan bisa dibeli

Irwan menjelaskan, Kapsul JSH bukanlah karbon aktif sehingga larut dalam air dan dapat dikonsumsi jangka panjang. "R&D kami berhasil melakukan proses dari bahan charcoal menjadi produk alkali yang punya PH tinggi," kata Irwan. Produk ini sendiri dipasarkan dengan harga Rp150.000 ($11) per botol dengan isi 50 kapsul.


5-High Yield Dividend Stocks


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...